26 APR 2017

7 Things

Yang Menarik Tentang Bandung

Bandung adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia sekaligus ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Letak geografisnya dan posisinya yang strategis menjadikan kota Bandung sebagai tujuan wisata utama masyarakat Jakarta dan sekitarnya di akhir pekan. Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang kami rangkum mengenai Bandung untuk kamu Yellowers!

 

Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bandung adalah dihari biasa diluar akhir pekan  dan tanggal merah karena untuk menghindari lalu lintas yang terlalu padat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasinya yang strategis membuat Bandung menjadi daerah tujuan berlibur utama bagi masyarakat didaerah Jakarta dan sekitarnya. Jadi sudah tidak aneh lagi jika seluruh destinasi wisata di Bandung akan sangat penuh dihari libur maupun akhir pekan.

 

Paris Van Java

Sebutan Paris Van Java diberikan kepada Bandung oleh pemerintah colonial Belanda karena kemiripan geografisnya dengan Perancis Selatan. Sebutan ini diberikan berkisar tahun 1920 sampai 1925. 

 

Bosscha

Tahukah kamu? Observatorium Bosscha yang terdapat di utara Bandung tepatnya di daerah Lembang adalah observatorium tertua yang di bangun di Indonesia. Observatorium ini mulai dibangun pada awal tahun 1923 dan selesai pada tahun 1928. Nama Bosscha sendiri diambil dari nama Karel Albert Rudolf Bosscha, salah satu pihak yang paling berjasa atas dibangunnya observatorium tersebut.

 

Berkemah

Bosan dengan aktivitas di Bandung yang itu-itu saja? Kamu harus coba berkemah di Rancaupas, Grafika Cikole, Dusun Bambu, dan The Lodge Maribaya. Berkemah di jaman yang modern ini sudah tidak perlu lagi takut akan tenda yang bocor atau jalanan yang becek. Beberapa lokasi yang disebutkan tadi telah menyediakan fasilitas berkemah premium yang tentunya akan membuat pengalaman berkemah kamu semakin nyaman dan menyenangkan.

 

Saung Angklung Udjo

Udjo Ngalagena merupakan seniman Bandung yang berjasa melestarikan alat musik tradisional Jawa Barat yaitu Angklung. Beliau juga merupakan pendiri Saung Angklung Udjo yang sudah terkenal didalam maupun diluar negeri. Terletak di daerah Padasuka, Saung Angklung Udjo menjadi salah satu tempat tujuan wisata budaya yang wajib dikunjungi di Kota Bandung.

 

Danau Purba

Berdasarkan penelitian ahli geologi, letusan Gunung Sunda Purba yang kemudian membentuk danau purba yang luas dan mengering merupakan cikal bakal terbentuknya geografis Bandung saat ini. Konon, mengeringnya danau purba tersebut disebabkan oleh Sungai Citarum yang tidak lagi tersumbat muntahan lahar gunung yang meletus tadi.

 

Lalu Lintas

Lalu lintas di Bandung selalu mengalami kemacetan terutama di akhir pekan. Banyaknya kendaraan yang masuk kedalam Kota Bandung tidak berimbang dengan banyaknya kendaraan yang keluar. Kamu bisa membantu masyarakat Bandung untuk menhadapi hal ini yaitu dengan menggunakan jasa transportasi umum yang disediakan seperti bus maupun angkutan kota atau Angkot.

 

Nah, demikian Yellowers hal-hal menarik tentang Bandung yang kami sudah kami rangkum. Semoga bermaanfaat dan nantikan artikel 7 Things berikutnya ya!

 

Semoga harinya menyenangkan,

 

Yellowdoor ID

source: kompas.com, wikipedia.org