21 AUG 2017

Festival Kebudayaan

di Indonesia

Kenaekargaman tradisi dan budaya menjadikan Indonesia kaya akan berbagai macam perayaan untuk berbagai maksud dan tujuan. Tak heran dalam setahun, pasti ada bayak festival yang diselenggarakan di seluruh penjuru Indonesia. Tidak hanya untuk merayakan sesuatu, festival juga diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan ke daerah penyelenggara festival tersebut. Berikut Yellowdoor sudah merangkum beberapa festival yang tidak boleh kamu lewatkan di Indonesia!

 

Festival Budaya Nias

Tidak hanya terkenal karena ombaknya yang indah untuk berselancar, Nias juga memiliki festival kebudayaan yang cukup unik yaitu Festival Lompat Batu. Festival ini diadakan setiap bulan Agustus di desa Bawomatulo, dimana anak laki-laki akan menguji keberanian dengan melompati batu. Mereka yang berhasil dianggap sudah dewasa dan siap untuk bergabung dalam perang.

 

Festival Erau Kertanegara, Kalimantan Timur

Didalam Festival Erau Kertanegara, kita akan disuguhkan berbagai penampilan kesenian dan olah raga tradisional. Festival ini diadakan sebagai rasa syukur masyarakat Kertanegara dan Pemerintah Daerah atas pembangunan yang dilakukan selama setahun. Festival ini sudah dilakukan sejak abad ke 13, dimana salah satu daya tariknya adalah pesta Kembang Api dari Pulau Kumala yang dapat dinikmati dari seberang sungai Mahakam.

 

Festival Budaya Dieng

Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2010 dan diberi nama Pekan Budaya Dieng. Namun di tahun ketiga nama tersebut diubah menjadi Festival Budaya Dieng. Penggagas festival ini adalah Komunitas Kelompok Sadar Wisata. Selain melihat upacara pencukuran rambut anak gembel (gimbal), kamu juga akan disuguhkan penampilan Jazz diatas awan dan acara menarik lainnya.

 

Festival Lembah Baliem, Papua

Festival ini merupakan acara perang suku Dani, suku Lani dan suku Yali sebagai lambing kesuburan dan kesejahteraan. Diadakan tiap bulan Agustus selama 3 hari, Festival ini dimulai dengan scenario pemicu perang. Namun perang yang ditampilkan bukanlah perang sungguhan. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1989, dan tujuan utamanya adalah untuk menyatukan berbagai suku yang ada di Papua.

 

Festival Budaya Bali

Festival Budaya Bali atau Bali Arts Festival adalah festival budaya tahunan terbesar yang diadakan di kota Bali selama bulan Juni hingga Juli. Festival ini dikenal sebagai festival yang menyajikan kebudayaan serta seni-seni tradisional masyarakat Bali, mulai dari seni yang masih populer di masyarakat sampai seni yang sudah jarang dan susah ditemukan alias langka.  Untuk tahun 2016 hingga 2020 Festival ini memiliki tema utama yaitu “Panca Maha Bhuta”, yang terdiri dari 5 elemen kehidupan: Pertiwi (tanah), Apah (air), Bayu (udara), Teja (cahaya), dan Akasa (langit).

 

Itulah beberapa festival yang ada di Indonesia. Selain ke lime festival tersebut, di bulan Oktober dan September ini ada juga festival lain di Nusa Tenggara Timur. Mau ikut keseruannya? Lihat informasi lebih lanjutnya disini.

 

Yellowdoor ID