28 SEP 2017

Menghadapi Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Energi yang dihasilkan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi dapat menyebabkan getaran atau guncangan tanah (ground shaking), likuifaksi (liquifaction), tanah longsor, tsunami, dan bahaya-bahaya sekunder (arus pendek, gas bocor, kebakaran, dll). Bagaimana caranya menghadapi gempa bumi?

 

  • Antisipasi

Sebagai tindakan antisipasi sebelum terjadinya gempa bumi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti cari tahu jalur keluar masuk gedung atau bangunan yang biasa kita datangi, kemudian selalu matikan listrik, api dan air jika tidak digunakan dan siapkan selalu perlengkapan p3k dirumah atau ditempat kita bekerja. Jika memiliki waktu luang, tidak ada salahnya juga jika kita mempelajari teknik-teknik dasar melakukan pertolongan pertama yang mungkin akan sangat berguna untuk menghadapi bencana.

 

  • Saat Gempa Bumi

Ketika gempa bumi terjadi hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan panic. Jika kita berada didalam bangunan maka segeralah keluar menuju tempat terbuka. Jika kita terjebak didalam suatu ruangan maka carilah tempat berlindung seperti meja untuk menghindari bangunan atau perabotan yang roboh. Jika berada didalam lift dan lift nya terjebak maka hubungi lah bagian pemeliharaan lift lewat interphone yang ada atau hubungi orang terdekat melalui handphone kita.

Jika kebetulan tempat tinggal yang kita miliki berdekatan dengan laut, maka ada baiknya untuk segera menuju dataran tinggi yang terdekat, hal ini sebagai usaha preventif kalau-kalau terjadi tsunami.

 

  • Setelah Gempa

Setelah terjadinya gempa bumi keluarlah dari bangunan anda berada dengan tertib, observasi keadaan sekitar. Berikan pertolongan bagi yang membutuhkan dan tunggulah informasi terkait dari pihak yang berwenang mengenai bencana yang terlah terjadi.

 

Demikianlah beberapa tips untuk menghadapi Gempa, stay safe

Yellowdoor

Sumber: arisudev.wordpress.com