26 MAY 2017

Tips Berpergian

Untuk Kamu Yang Menunaikan Ibadah Puasa

Berpergian di Bulan Puasa

 

Tidak terasa bulan puasa sudah siap untuk menyambut kita dipertengahan tahun ini. Selama puasa tidak sedikit dari kita yang mengurangi aktivitas harian dan berakhir dengan bosan dan jenuh. Puasa seharusnya tidak menjadi hambatan bagi kita untuk terus melakukan eksplorasi keberbagai tempat dan mencoba berbagai hal, nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan agar aktivitas jalan-jalan kita tetap terlaksana meskipun sedang puasa:

 

1. Pilih Destinasi Ramah Muslim

Lakukannya penelitian tempat tujuan wisata yang akan dituju sejak jauh-jauh hari. Pilihlah tempat yang ramah terhadap kaum Muslim, sehingga mudah untuk menentukan waktu sahur dan juga berbuka puasa. Destinasi seperti ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, namun agak sedikit sulit jika di luar negeri.

 

2. Atur Jadwal

Jika hendak berpergian pilihlah jadwal berpergian dipertengahan bulan Ramadan, bukan diawal atau diakhir kecuali rencana mudik. Pada awal bulan tubuh biasanya masih mencoba beradaptasi dengan kebiasaan baru sehingga stamina beresiko tidak seprima pada waktu biasa. Sedangkan pada akhir bulan, berkaitan dengan arus mudik akan mempengaruhi lama perjalanan maupun kepadatan jalan.

 

3. Sahur dan Buka Penuh Nutrisi

Pastikanlah makanan yang konsumsi pada saat sahur maupun pada saat buka puasa memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang untuk menunjang perut yang akan kosong selama beberapa jam. Hindari berbuka dengan makanan yang mengandung kadar asam tinggi maupun bersoda untuk mencegah terjadinya perut kembung yang akan menganggu kenyamanan beraktivitas.

 

4. Kenali Ketahan Fisik

Berpergian ketempat yang baru pastinya akan mengundang rasa ingin tahu terhadap hal-hal unik didaerah yang baru tersebut. Namun waspadalah dan perhatikan selalu kondisi tubuh. Jika memang tidak memungkinkan jangan memaksa untuk melakukan terlalu banyak aktivitas dalam satu hari. Berikan tubuh waktu beristirahat agar tidak malah jatuh sakit yang akhirnya malah menggangu puasa anda.

 

Demikian Yellowers, beberapa tips yang bisa kita gunakan ketika berpergian di bulan Puasa ini. Jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan sebelum pergi.

 

 

Stay Safe

Yellowdoor ID

Diambil dari berbagai sumber.