27 JUL 2017

Fantastic Indonesia’s Animals and Where to Find Them

Hewan-hewan fantastis dan ajaib tidak hanya ada di dunia sihir. Indonesia pun memiliki hewan-hewan cantik yang tak kalah fantastis dari hewan-hewan cerita dongeng tersebut. Namun sayangnya hewan-hewan ini sudah terancam punah. Alasannya tak lain karena habitat mereka yaitu hutan yang sudah banyak diganggu oleh manusia.

Berikut ini Yellowdoor menghimpun beberapa hewan menakjubkan Indonesia dan dimana mereka biasa ditemukan.

 

  • Harimau Sumatera

Hewan ini dapat ditemui di hutan-hutan Sumatera. Jumlahnya kini berkisar 500 ekor saja. Hewan ini banyak diburu jika tidak sengaja keluar hutan dan memasuki kediaman penduduk sekitar, padahal mereka bisa sampai demikian karena kesulitan mencari makanan di hutannya.

 

  • Macan Tutul

Saat ini Macan Tutul yang tersisa di Pulau Jawa berkisar 400 ekor saja. Mereka banyak tersebar di hutan-hutan yang dekat dengan pegunungan seperti di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

 

  • Jalak Bali

Sesuai namanya burung Jalak Bali berhabitat di pulau Bali khususnya bagian barat. Populasi burung ini terus menurun dikarenakan perburuan liar. Saat ini hanya sekitar 100 ekor Jalak Bali yang tersisa dan usaha melestarikan mereka sudah dimulai dengan membuat penangkaran didaerah Nusa Penida, Bali.

 

  • Pesut Mahakam

Lumba-lumba air tawar ini hidup di sungai Mahakam di pulau Kalimantan. Saat ini mereka hanya tersisa 70 ekor saja disungai tersebut.

 

  • Kanguru Pohon Wondiwoi

Berhabitat di Papua, kanguru Pohon Wondiwoi saat ini tersisa kurang lebih 50 ekor saja di pulau tersebut. Mereka tinggal didaerah hutan pegunungan dan biasa hidup diatas pepohonan.

 

  • Badak Jawa

Ada dua jenis badak yang ada di Indonesia yaitu badak berculah dua (badak Sumatera) dan badak berculah satu (badak Jawa). Jumlahnya saat ini hanya berkisar 50 ekor saja, jika ingin melihat mereka kita bisa datang ke penangkarannya di Ujung Kulon Banten.

 

Nah itulah Yellowers beberapa hewan asli Indonesia yang tak kalah menarik dibandingkan hewan fiktif didunia sihir. Sayangnya mereka dalam kondisi yang terancam punah, yuk kita lestarikan mereka dengan menyebarkan info tentang mereka dan tentunya menjaga selalu hutan-hutan tempat mereka tinggal.

 

Salam Lestari,

Yellowdoor ID