22 JUN 2017

Persiapan Sebelum Mudik

Tidak terasa, bulan puasa sudah menuju akhir dan hari raya pun sudah hampir di depan mata. Tentunya tahun ini aktivitas kembali disibukkan dengan perihal mudik, baik kerumah orang tua, saudara maupun sekedar rekreasi ke kampung halaman menjaga tali silahturahmi.

Sudah siap untuk mudik tahun ini? Eitss, tunggu dulu.. Pastikan anda sudah memeriksa beberapa hal berikut sebelum berpergian!

 

1. Kunci, Kunci, Kunci

Coba periksa pintu-pintu yang harus terkunci, baik pintu kedalam ruangan maupun pintu lemari maupun laci. Cek kembali apakah semuanya sudah terkunci dengan benar. Termasuk jendela rumah, pastikan sudah tertutup rapat dan tidak mungkin dibuka dari luar.

 

2. Tutup

Berikutnya periksalah keran air maupun keran lainnya yang ada dirumah anda. Pastikan semua keran tidak lagi mengalirkan air, sehingga anda tidak akan pulang kerumah yang kebanjiran air.

 

3. Tidak Terpasang

Lihat setiap colokan listrik yang ada dirumah. Apakah masih ada yang tersambung dengan berbagai perangkat elektronik? Kalau masih ada segera lepaskan atau matikan sambungan tersebut, kecuali sambungan listrik untuk beberapa alat elektronik tertentu yang memang sengaja dibiarkan menyala selama rumah ditinggal berpergian.

 

4. Tidak Bocor

Berikutnya beralihlah ke area dapur. Matikan semua kompor, periksa tabung gas yang tersambung ke kompor. Pastikan tidak tercium bau gas atau terdengar suara kebocoran gas diruangan tersebut. Periksa juga ruangan lain, jika anda menyimpan tabung gas diruangan lain juga.

 

5. Kunci Ganda

Jika anda bermaksud meninggalkan kendaraan di rumah, ingatlah untuk memasang kunci ganda di tiap kendaraan. Pastikan garasi terkunci dengan baik dan semua kendaraan tersimpan dengan aman.

 

6. Kordinasikan dengan RT dan RW

Sebelum berpergian, datanglah ke rumah RT atau RW terdekat dan sampaikan kepergian anda. Beritahu berapa lama anda akan pergi dan kapan anda akan kembali. Jika diperlukan tinggalkanlah kontak yang bisa dihubungi selama anda pergi. Biasanya setiap RT atau RW akan memiliki piket siskamling khusus selama musim mudik berlangsung untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar. 

 

Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan!

Yellowdoor ID